Remaja Penderita Diabetes Bermunculan

Remaja Penderita Diabetes Bermunculan Jumlah penderita diabetes di Surabaya meningkat sekitar empat kali lipat ketimbang awal tahun 1980. Bahkan, remaja yang terkena diabetes akibat gaya hidup tidak sehat kini bermunculan.

“Tahun 1970-1980, anak atau remaja dengan diabetes hanya akibat masalah autoimun, sistem kekebalannya sendiri menyerang pankreas sehingga harus disuntik insulin. Sekarang sudah muncul anak SMP-SMA diabetes tipe kedua yang terjadi akibat gaya hidup,” tutur Guru Besar Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Prof Dr dr Agung Pranoto Mkes SpPD K-EMD di Surabaya, Rabu (24/3).

Gaya hidup masyarakat saat ini yang kurang bergerak dan olahraga serta kerap mengonsumsi makanan siap
saji membuat penyakit degeneratif semakin mudah menyerang. Kemungkinan terserang diabetes semakin besar ketika ada faktor keturunan.
Kesempatan bergerak memang berkurang karena perjalanan dari rumah ke tempat bekerja menggunakan kendaraan. Sepulang bekerja pun masyarakat umumnya duduk di depan televisi. Anak-anak juga senang di depan televisi atau komputer ketimbang di lapangan.
Jaga pola makan

“Awal tahun 1980, dalam perhitungan Departemen Kesehatan, penderita diabetes hanya 1,5 persen dari populasi berusia di atas 15 tahun. Sekarang, di Surabaya enam persen dari populasi itu. Peningkatan juga melanda negara maju maupun berkembang,” kata pakar masalah diabetes ini.

Secara terpisah Ketua Persadia Cabang Surabaya Matdrakup (72) menegaskan, diabetesi bisa mengendalikan kadar gula darahnya bila menjaga pola makan dan aktivitas.

“Olahraga harus rajin, 4-5 kali seminggu dengan durasi sampai 60 menit. Diet dan makan obat teratur. Kalau disiplin, biasanya (kadar) gula darah terkendali,” kata Matdrakup yang selama 38 tahun menerapkan hal ini untuk mengatasi diabetesnya.

Cara menghadapi diabetes juga akan dibahas dalam seminar interaktif di Gramedia Expo Surabaya pada 2 April. Seminar yang menghadirkan Hans Tandra, penulis buku Segala Sesuatu yang Harus Anda Ketahui tentang Diabetes, diselenggarakan dalam Kompas Gramedia Fair 2010 yang berlangsung 31 Maret sampai 4 April. (INA)

Sumber: Kompas.com | 25 Maret 2010

About solehmail

saya merupakan seorang yang pendiam tidak banyak bicara jujur, menyukai hal-hal yang berkaitan dengan komputer

Posted on Maret 21, 2012, in Diabetes Militus. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: